Saturday, 15 October 2011

Kata Seniman Tentang Jakarta

Debu, panas, dan macet, adalah pemandangan sehari-hari kota ini. kota yang konon menjadi impian masyarakat desa, oleh para seniman justru dijadikan ajang bulan-bulanan dan kritikan. tentu ini bukan sekedar omong kosong. sebab ada yang bilang kalau keadaan masyarakat suatu daerah bisa dilihat dari kaya-karya seni yang lahir saat itu. artinya karya seni tidak hanya berfungsi sebagai entertain, tapi juga sebagai cermin. Nah, kalou karya seni yang dilahirkan oleh para seniman adalah karya-karya yang 'miring', bisa disimpulkan kalu sebenarnya kota jakarta itu juga 'miring'. sebab menurut beberapa seniman , karya seni itu lahir karena adanya realita dan pengalaman. artinya bisa dibilang kalu karya seni itu merupakan realita yang ditransfer dalam bentuk seni.
Slank misalnya, dalam sebuah lagunya mengatakan kalu Jakarta itu kota yang penuh serigala. sementara Iwan Fals, dalam lagunya yang berjudul Jakarta lebih ekstrim lagi, ia bilang kalu Jakarta itu kota yang pincang.berikut penggalan liriknya......
gedung-gedung tinggi mewah angkuh bikin iri
gubuk-gubuk liar resah dipinggir kali
terlihat jelas kepincanag kota ini
tangis bocah lapar  bangunkanku dari mimpi malam
lihat dam dengarlah riuh lagu dalam pesta
diatas derita mereka masih bisa tertawa
memang kuakui kejamnya kota jakarta
namun kusaksikan lebih parah dari yang kusangka
banayak dan banyak lagi musisi lain yang berbicara tentang jakarta, kalau kamu sering naik angkot, kamu pasti pernah dengar seorang pengamen menyanyikan lagu yang kira-kira lriknya begini..... siapa suruh datang ke jakarta, siapa suruh datang ke jakarta.... atau kamu pernah melihat film lama yang berjudul "ibu tiri tak sekejam ibu kota".
ya, itulah jakarta dimata seniman. jakarta yang penuh serigala,jakarta yang pincang, jakarta yang kejam, jakarta yang.....oh jakarta..... si kaya bertambah gila dengan harta kekayaannya, sedangkan luka si miskin makin semakin menganga....jakarta.....oh jakarta...kau tampar siapa saja saudaraku yang lemah, manjakan mereka yang hidup dalam kemewahan....(pinjam lagunya bang iwan fals)


No comments:

Post a Comment